Cara Mengurus Paspor Umroh di Surabaya

Cara Mengurus Paspor Umroh di Surabaya Cara mengurus paspor umroh di Surabaya hampir sama dengan wilayah lainnya. Dengan digitalisasi di berbagai instansi pemerintahan, kini mengurus paspor bisa melalui internet.

Walaupun kita harus datang langsung ke kantor imigrasi. Pendataan internet harus dilakukan. Dengan demikian, semua permohonan tercatat secara digital.

Untuk mengurus paspor umroh, pemohon harus memenuhi persyaratan permohonan paspor. Kemudian, mengikuti prosedur yang tertera di situs imigrasi Surabaya.

Untuk mempermudah prosesnya, Anda bisa berkoordinasi dulu dengan agen umroh kota Surabaya. Nantinya jika memungkinkan akan diadakan acara membuat paspor bersama-sama. Jadi tidak perlu repot untuk mengurus sendiri.

Persyaratan Permohonan Paspor Umroh di Surabaya

Siapa saja bisa mengajukan permohonan paspor dengan mengikuti beberapa langkah mudah. Ada yang perlu Anda siapkan lalu kemudian ajukan dengan persyaratan lainnya.

Sebelum memulai perjalanan rumah memang baiknya tiap jama’ah untuk mempersiapkan dokumen dengan baik. Walaupun sudah ada agen jasa umroh, tetap harus memiliki pengetahuan tentang cara membuat paspor umroh di wilayah kota Surabaya.

Tujuannya untuk mengantisipasi bila dalam rombongan umroh, ternyata ada yang belum punya paspor. Jadi nantinya bisa mengurusnya dulu. Tenang saja, agen travel umroh akan membantu prosesnya.

Berikut adalah hal-hal penting yang harus Anda ketahui sebelum mengajukan paspor umroh:

1. Formulir Permohonan

Isi formulir permohonan paspor sesuai dengan kebutuhan, misalnya untuk keperluan umroh. Baca dengan hati-hati dan isi dengan benar dan lengkap.

Formulir tersebut dapat Anda dapatkan di kantor imigrasi. Jelaskan kalau Anda ingin melakukan umroh dan paspor untuk aktivitas tersebut.

2. Lampiran Dokumen

Cara mengurus paspor umroh di Surabaya paling utama adalah memastikan kita memiliki semua berkas yang kita butuhkan. Dokumen asli dan fotokopinya perlu kita bawa.

Berkas yang umumnya kita perlu persiapkan adalah Kartu Tanda Penduduk atau KTP. Hal lain adalah Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran, Ijazah, dan surat Kawin/Akte Nikah bagi yang telah menikah.

Pastikan semua masih berlaku. Dokumen tersebut akan memverifikasi identitas pemohon paspor. Bahkan jika  pindah ke luar negeri, Anda pun perlu menyertakan surat keterangan pindah ke luar negeri.

Hal lain yang mungkin Anda bisa cantumkan adalah surat baptis. Data termasuk nama, tanggal lahir, tempat lahir dan beserta nama orang tua.

3. Paspor untuk Anak  di Bawah Umur 17 tahun

Anda mengisi formulir permohonan dengan berkas asli dan fotokopi. Berkas termasuk KTP Kedua Orang Tua, Kartu Keluarga, Akta kelahiran dan akta perkawinan atau buku nikah orang tua.

Untuk anak di bawah usia 17 tahun, paspor orang tua masih berlaku. Selain itu, kedua orang tua wajib hadir saat anak melakukan pembuatan paspor.

Ketika akan beribadah umroh, anak bepergian atau tidak dengan orang tuanya, hal tersebut harus diinformasikan pada kantor imigrasi.

Anda juga harus melampirkan surat pernyataan bermaterai dari  kedua orang tua. Isinya adalah  pemberian izin bagi anak untuk memperoleh paspor umroh.

4. Fotokopi dengan Benar

Untuk lampiran dokumen, semua material yang akan difotokopi harus mengikuti aturan tertentu. Umumnya berupa fotokopi pada kertas HVS ukuran A4.

Pastikan hasil fotokopi jelas dan dapat dibaca dengan mudah. Dengan demikian, Anda tidak akan diminta untuk mengulang fotokopi kalau hasilnya tidak memuaskan.

5. Jenis Paspor

Permohonan Paspor dapat diajukan warga negara Indonesia di Indonesia maupun luar Indonesia. Paspor biasa berupa paspor biasa elektronik (e-paspor) atau paspor biasa non elektronik.

Paspor biasa memakai sistem Informasi Manajemen Keimigrasian. Selain itu, proses registrasi biasanya dilaksanakan secara langsung atau online dengan semua dokumen kelengkapan persyaratan.

Metode pengajuan bisa Anda pilih sesuai cara yang membuat Anda nyaman. Kemudian, lakukan proses pengajuan permohonan.

6. Pemeriksaan Dokumen

Pastikan mengisi formulir dengan benar dan menyertakan semua dokumen yang diminta. Dokumen yang tidak lengkap perlu melengkapi atau memperbaikinya sebelum permohonan paspor umroh dapat diproses lebih lanjut.

7. Pembayaran Biaya Paspor

Anda perlu membayar biaya paspor sesuai jenis paspor yang diajukan. Biaya paspor umroh dan biasa umumnya tidak memiliki perbedaan signifikan.

Biaya yang harus Anda bayarkan sekitar 500 sampai 6oo ribuan. Kecuali ada layanan tambahan seperti percepatan jika diperlukan. Pastikan untuk membayar sesuai ketentuan yang berlaku.

8. Pengambilan Foto dan Sidik Jari

Setelah pembayaran, Anda akan diarahkan mengambil foto dan sidik jari sebagai bagian dari proses identifikasi. Ini merupakan langkah penting untuk mengonfirmasi identitas Anda.

9. Proses Wawancara, Verifikasi dan Adjudikasi

Anda menjalani serangkaian proses termasuk wawancara, verifikasi dokumen, dan adjudikasi. Hal ini untuk memastikan semua informasi benar dan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan.

10. Pemberitahuan Pengambilan Paspor

Setelah proses selesai, kantor imigrasi akan menginformasikan kapan paspor Anda sudah selesai. Pastikan Anda mengikuti instruksi untuk pengambilan paspor Anda.

Dengan mengikuti semua langkah tersebut dengan cermat, Anda akan dapat mengajukan permohonan paspor untuk ibadah umrah dengan lancar dan tanpa hambatan.

Cara Mengurus Paspor Umroh di Surabaya, Apakah Sama dengan Paspor Biasa?

Meskipun pengurusan paspor biasa dan paspor umroh memiliki beberapa kesamaan, namun terdapat perbedaan dalam hal persyaratan dan prosedur. Data yang perlu dilampirkan termasuk serupa, namun tetap dari fungsi berbeda.

Untuk yang belum pernah berangkat umroh mungkin tidak pernah membuat paspor ini sebelumnya. Jadi sama sekali belum bisa membedakan antara paspor biasa dengan paspor khusus haji dan umroh. Berikut adalah perbandingan antara cara membuat keduanya:

1. Proses Pengajuan

Proses pengajuan paspor umroh umumnya  sama dengan pengajuan paspor biasa. Namun, pemohon paspor umroh mungkin perlu menyertakan dokumen tambahan.

2. Data Perjalanan

Misalnya, jasa travel yang dipakai, tujuan perjalanan ke tanah suci Mekkah. Dengan demikian

 kantor imigrasi mengetahui perjalanan Anda untuk apa dan kapan kembali.

3. Formulir

Beberapa kota mungkin memiliki prosedur khusus atau formulir berbeda untuk yang biasa atau untuk umroh. Misalnya aplikasi yang dirancang khusus untuk paspor umroh, berbeda dengan paspor biasanya.

Meskipun ada beberapa perbedaan dalam persyaratan dan prosedur, penting untuk mengikuti petunjuk yang diberikan oleh otoritas imigrasi negara Anda untuk memastikan bahwa pengajuan paspor berjalan lancar, apakah itu paspor biasa atau paspor umrah.

Demikian cara mengurus paspor umroh di Surabaya. Apapun kondisi Anda, pergi umroh sendiri, dengan keluarga, dan lain sebagainya. Anda dapat mengurus paspor dengan mudah.

Ikuti tata cara di atas dan penuhi semua persyaratannya. Maka Anda bisa mendapat paspor umroh dengan mudah.

Bila masih ada kendala tentang paspor, jangan ragu untuk menanyakan kepada panitia acara umroh. Jangan lupa untuk mengikuti acara sosialisasi maupun masanik yang biasanya diadakan menjelang hari keberangkatan ke tanah suci. Paspor adalah dokumen perjalanan yang sangat penting. Untuk itu perlu mempersiapkan diri dengan baik agar bisa menjalani ibadah dengan baik. Setiap orang tentu ingin umrohnya mabrur, untuk itulah perlu kesiapan mental, fisik dan administrasi.

Jika sudah memiliki pasport saat nya memilih travel umroh kepercaya an jamaah yaitu mabrur mandiri wisata yang berada di kantor surabaya jawa timur. Alamat : Jalan Masjid Al Akbar Utara 3 Pagesangan Jambangan Surabaya. Informasi & Pendaftaran : Faris 0851 7158 5883

Open chat
1
Klik Tombolnya Lagi
Call Now Button