Menjelajah Pasar Kurma di Madinah

Menjelajah Pasar Kurma di Madinah

Masih berada di kota Madinah? Jika memang demikian, inilah tempat paling tepat untuk berbelanja oleh-oleh yang paling terkenal: kurma.

Jika anda sedang dalam perjalan ibadah umrah atau haji, maka saat berada di kota Madinal Al Munawarah belilah kurma. Ada beragam olahan kurma yang dapat anda beli. Memang, di sepanjang jalan dekat Masjid Nabawi banyak sekali dijual kurma beserta olahannya. Tetapi, tahukah anda di mana sentra penjualan kurma terbesar di sini? Ternyata lokasinya tidak jauh dari Masjid Nabawi. Wah, kalau begitu sekalian keliling-keling di sekitar lingkungan masjid Nabi, kita juga dapat belanja kurma yang murah dan berkualitas.

Nama pasar kurma terbesar di Madinah itu adalah Souq El Tumoor. Dapat dicapai dengan jalan kaki saja. Apalagi para pengendara mobil di Kota Madinah sangat sopan dan mengutamakan pejalan kaki, tentu wisata ke pasar kurma ini akan menyenangkan. Tidak perlu takut menyeberang jalan dan trotoar telah disediakan pemerintah Kerajaan Arab Saudi dengan sangat lebar.

Bagaimana petunjuk arah menuju pasar kurma Souq El Tumoor? Untuk menemukan pasar kurma ini tidaklah sulit. Memang lokasi utamanya terlindung dari masjid. Mulailah dari posisi di samping kubah hijau makam Rasulullah SAW dan membelakangi kompleks Makam Baqi. Nah, dari sini berjalanlah lurus ke depan (arah selatan). Ketika anda tiba di batas samping kiri halaman Masjid, anda telah menemukan deretan lapak-lapak dan toko-toko penjual kurma beserta olahannya. Toko-toko dan lapak ini adalah bagian dari pasar kurma yang dimaksud, tetapi memang belum sampai pada pusat (sentra)-nya. Untuk menemukan pusat pasar kurma Souq El Tumoor, kita harus menyusuri pertokoan dan lapak-lapak tersebut ke arah kemudian sedikit berbelok ke arah barat lalu berbelok ke arah timur. Perhatikan gambar berikut. Titik-titik biru adalah deretan toko-toko penjual kurma, sedangkan pusat pasar kurma Souq El Tumoor ditandai dengan tanda merah.

Souq El Tumoor, Pasar Kurma Terbesar Dekat Masjid Nabawi
para pedagang kurma dan olahannya di Souq El Tumoor sangat ramah
Souq El Tumoor, Pasar Kurma Terbesar Dekat Masjid Nabawi 1
petunjuk arah menuju pasar kurma Souq El Tumoor, Madinah (google maps)

 

Pusat Pasar Kurma Souq El Tumoor Kurang Diketahui Peziarah

Walaupun lokasi sekitar 1 km dari Masjid Nabawi, tidak banyak peziarah atau turis yang mengetahui pasar kurma terbesar di Madinah ini (Souq El Tumoor). Mereka umumnya hanya berbelanja di pertokoan sekitar Masjid Nabawi saja. Karena itu, suasananya justru cukup nyaman untuk anda yang menyukai berbelanja yang tidak sepadat toko-toko kurma di seputaran Masjid Nabawi. Di pasar ini anda dapat lebih mudah berinteraksi dengan para pedagang. Para pemilik toko akan dengan senang hati menjelaskan kurma-kurma yang mereka jual. Bahkan anda pasti akan ditawari untuk mencicipi beberapa jenis kurma yang mereka jual.

Tetapi, ingatlah untuk hanya mencicipi kurma yang mereka tawarkan saja. Jangan mengambil kurma secara sembarangan dari baki-baki atau wadah tempat mereka memajang dagangan mereka itu. Beberapa jenis kurma tidak boleh dicicipi karena harganya sangat mahal. Mereka akan mengatakan “halal” untuk menawarkan kurma yang boleh anda cicipi.

Di pasar pusat penjualan kurma Madinah ini, kita boleh menawar. Tentunya jika anda punya referensi harga terlebih dahulu. Tips untuk anda yang mau menjajal kemampuan menawar dan berkomunikasi dengan para pedagang itu adalah: tanyakan informasi harga kurma sejenis pada toko-toko yang anda lewati. Perhatikan pula jenis dan kualitasnya. Tentu beda jenis dan kualitas kurma, beda pula harganya. Jika anda pandai, anda akan mendapatkan harga yang lebih murah jika dibanding dengan harga yang ditawarkan toko-toko penjual kurma yang ada di batas halaman Masjid Nabawi sisi selatan.

Oh ya, jika anda memang berniat memborong oleh-oleh kurma dan olahannya belilah di Souq El Tumoor. Di pasar kurma terbesar ini anda dapat menemukan kualitas kurma terbaik. Kurma-kurma dapat dijual kiloan dengan menimbangnya langsung di hadapan anda, atau sudah dikemas dengan beragam variasi kemasan. Pilihlah yang sesuai dengan kemampuan dan selera anda. Belilah di Madinah, dan bukan di kota lainnya seperti Mekkah karena harganya jauh lebih murah dan kualitasnya jauh lebih baik.

Ingin merasakan uniknya berbelanja Kurma di Pasar Kurma Madinah? dan juga ke tempat-tempat bersejarah di Madinah dan Mekkah? mari ikuti Program Umroh Murah dari Travel Umroh Murah Mabrur Mandiri NDW, ada bermacam-macam paket, diantaranya ada; Umroh Murah, Umroh Bisnis Nikmat, Umroh Bisnis, Umroh VIP, dan juga Umroh Plus Wisata.

Silahkan memilih yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan ibadah Bapak dan Ibu.

 

Sumber : http://uniknyatempat.blogspot.co.id