Tata Cara Umroh

Umroh menurut bahasa artinya berziarah ke tempat yang ramai, sedangkan menurut syara artinya berkunjung ke tanah suci (kabah) untuk beribadah. Dan ibadah ini hampir mirip dengan ibadah haji, hampir semua ritual dalam ibadah umrah terdapat pada ibadah haji, sehingga ibadah umrah seringkali disebut juga dengan haji kecil, tapi ada beberapa pembeda utama antara ibadah haji dan ibadah umrah yaitu pada waktu dan tempatnya, jika ibadah haji hanya bisa dilakukan di waktu-waktu tertentu maka umrah dapat anda laksanakan kapanpun dan untuk urusan tempat juga berbeda, umrah hanya terbatas dilaksanakan di masjidil Haram kota Mekah, namun haji sampai dengan padang arafah dan juga sampai masjid Nabawi di kota Madinah, berikut tata cara umrah :

  1. Menuju tempat miqat(tempat mulai niat umroh dan berpakaian ihram) diBir Ali. Boleh juga sejak di Madinah mulai memakai pakaian ihrom, tetapi niatnya tetap dimulai di Bir Ali. Setelah berganti pakaian, shalat sunnah ihram 2 rakaat.
    tata-cara-umroh-umroh-surabaya-umrah-surabaya

    Rombongan Umrah Surabaya Mabrur Mandiri | Jamaah Mabrur Mandiri Umroh Surabaya

  1. Sejak memakai pakaian ihrom, tidak boleh menggunakan wangi-wangian, mandi memakai sabun, sikat gigi pakai odol, memakai peci atau pakaian lain, dan berhubungan suami istri.
  1. Sepanjang perjalanan menuju ke Makkah, membaca kalimat talbiyah sebanyak-banyaknya :
  1. Sesampai di Masjidil Haram, tawaf mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali.- Putaran 1-3 berlari-lari kecil.
    – Putaran 4-7 berjalan biasa.
    – Tempat awal mulai tawaf : garis lurus (tapi garisnya tidak ada) antara pintu Ka’bah dan tanda lampu yang di pasang di sisi masjid.
    – Pada batas ini, sambil melihat ke Ka’bah, kita melambaikan tangan 3 kali sambil mengucapkan : “Bismillah, Allahu Akbar”.
    – Sepanjang tawaf membaca do’a. Untuk mudahnya bisa membaca do’a sapu jagad :
  1. Shalat 2 rakaat di depan makam Ibrahim.
  1. Minum air zam-zam. Sebelumnya berdoa terlebih dahulu.
  1. Sa’i antara Shofa dan Marwa, 7 kali bolak balik.- Cara menghitungnya : dari Shofa ke Marwa 1, Marwa ke Shofa 2, dan seterusnya, berakhir di Marwa.
    – Sai dilakukan dengan berjalan, tapi pada batas antara 2 lampu, berlari-lari kecil.
  1. Cukur rambut.- Boleh cukur sebagian.
    – Lebih afdhol, cukur semua. (Biasanya, saat sampai di Marwa pada putaran terakhir, cukur sebagian dulu tanda selesai umroh. Pada saat keluar masjid, ketemu tukang cukur, baru cukur semua).Alhamdulillah, selesai.

Adapun larangan saat umroh diantaranya adalah dilarang menggunakan segala macam minyak wangi, sabun, pasta gigi (anda boleh melakukan sikat gigi namun tidak diperbolehkan menggunakan odol, sebaiknya anda menggunakan siwak dari kayu ‘arak), dilarang menggunakan shampo, deodorant dan juga anda dilarang menggunakan antribut selain baju ihram, atribut yang dilarang termasuk jam tangan, topi, slayer maupun sapu tangan.

Melakukan hubungan suami istri juga salah satu larangan dalam tata cara umrah, anda dilarang melakukan hubungan suami istri selama umrah berlangsung, ibadah umrah akan selesai dengan prosesi yang disebut dengan tahalul atau memotong sebagian rambut atau seluruh rambut bagi laki-laki dan sebagian rambut bagi perempuan. Setelah prosesi tahalul maka segala macam larangan yang disebutkan dalam ibadah umrah tidak berlaku lagi.

 

biaya umroh 2015 surabaya, biaya umroh 2015 bandung, biaya umroh murah, biaya umroh 2015 jakarta, biaya umroh 2015 dalam rupiah, biaya umroh anak kecil, biaya umroh anak balita, biaya umroh bandung

Facebook Comments