Tempat dan Berdoa Yang Tepat Saat Melakukan Ibadah Haji dan Umroh

Tempat dan Berdoa Yang Tepat Saat Melakukan Ibadah Haji dan Umroh

Tempat dan Berdoa saat ibadah haji atau umroh, Artikel Umroh, info umroh, Umroh Murah, Umroh Surabaya, Umroh 2018

Tempat dan Berdoa saat ibadah haji atau umroh, Artikel Umroh, Info Umroh, Umroh Murah, Umroh Surabaya, Umroh 2018,
Paket Umroh Murah, Travel Umroh Surabaya, Travel Umroh murah,

Assalamualaikum wr wb

Mabrur Mandiri Umroh Murah Surabaya – Ketika menunaikan ibadah haji atau umroh kita mengharapkan ridho Allah swt dengan cara apa ? Dengan cara berdoa dengan hati yang ikhlas dan lapang. Karena di dalam berdoa kita mendapat nikmat yang sangat luar biasa dan tidak bisa hitung dengan akal sehat betapa banyaknya nikmat yang telah di berikan kepada kita semua.

Terlebih lagi jika berdoa di Tempat – tempat yang suci atau rumah Allah swt seperti Madinah dan Mekkah. Di kota ini merupakan kota yang sangat luar biasa karena terdapat pintu – pintu surga Allah swt yang bisa kita petik.

Dan sejarah Islam pun dari sini mula datangnya, ketika berdoa di sini insyallah akan mendapat hidayah pencerahaan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan kita selama ini. Karena Allah swt telah memberikan kita kesempatan untuk bertamu di rumahnya. Subnallah..

Pada saat menunaikan Haji atau Umrah, sangat mungkin para jamaah akan memanjatkan doa kepada Allah SWT. Akan tetapi, doa seperti apa dan dimanakah tempat jamaah sebaiknya memanjatkan doanya agar dikabulkan.

Menurut para ulama, Doa yang insyaAllah dikabulkan oleh Allah SWT yakni doa untuk dirinya, anak, suami atau istri, orang tua, sahabat dan untuk sesama Muslim atau orang yang membenci.

 

Diantara doa yang dikabulkan oleh Allah; agar diampuni segala dosanya, dimudahkan semua urusan dan masalah dalam hidupnya, dan dikabulkan segala hajatnya. Juga doa agar rumah tangganya sakinah, mawadah warohmah bagai yang sudah berkeluarga.

Doa lain yang juga tak kalah pentingnya adalah agar dijadikan suami yang saleh, seperti Nabi Ibrahim As, yang memiliki akhlakul karimah dan berwibawa. Doa menjadi istri yang saleha, seperti Siti Hajar dan doa agar anak-anak saleh dan saleha, seperti Nabi Ismail As.

 

Doa berikutnya yang tak kalah pentingnya juga adalah jika wafat dalam keadaan khusnul khotimah dan masuk surga, seperti Nabi Muhammad SAW. Ada pun tempat-tempat yang mustajab ketika ber doa adalah searah dengan Hajar Aswad, Ru kun Yamani, tempat air zam-zam berada, Bukit Sofa, antara pilar hijau ketika Sa’i, dan di Bukit Marwah, Multazam, dekat maqam Ibrahim, Hijr Ismail.

Di Madinah, tempat yang mustajab untuk berdoa adalah di dekat rumah, maqam, Raudhah dan mimbar Nabi Muhammad SAW. Sedangkan di Arafah, doa akan diijabah di tempat di mana jamaah melakukan lontar jumrah, wilayah Musdalifah.Mengenai waktu berdoa, yaitu pada saat sepertiga malam akhir sampai subuh, ketika antara adzan dan qomat, saat selesai membaca Alquran atau setelah shalat wajib dan sunnah. Insya Allah.

(Baca Juga Tentang : Umroh Murah 2018)

1. Kawasan Masjidil Haram

masjidil haram, artikel umroh murah surabaya, umroh murah, umroh murah 2018, Travel umroh murah, travel umroh murah surabaya.

Paket Umroh Murah, Travel Umroh Surabaya, Travel Umroh murah, Artikel Umroh,
Info Umroh, Umroh Murah, Umroh Surabaya, Umroh 2018, masjidil haram,

Area di sekitar Masjidil Haram adalah dianggap mustajab, yaitu doa-doa akan dikabulkan Allah. Namun ada beberapa bagian Masjidil Haram yang diutamakan. Yang pertama adalah Multazam, bagian dari Ka’bah, posisinya di antara pintu Ka’bah dan Hajar Aswad. Multazam paling jadi rebutan jamaah umrah dan haji usai tawaf untuk berdoa.

Yang kedua adalah Maqam Ibrahim, batu pijakan Nabi Ibrahim saat membangun Ka’bah. Pada batu ini terdapat bekas tapak kaki Nabi Ibrahim. Tempat di belakang Maqam Ibrahim adalah tempat dimana doa dikabulkan Allah. Jamaah umrah dan haji salat dua rakaat di tempat ini seusai Tawaf mengelilingi Ka’bah.

Ada pula Hijr Ismail, bentuk kontruksi setengah lingkaran di sebelah barat Ka’bah. Dalam sejarahnya, dahulu Siti Hajar dan putranya Nabi Ismail berlindung di tempat ini. Hijr Ismail juga dianggap bagian dari Ka’bah karena dahulu luas Ka’bah hingga batas Hijr Ismail. Namun, karena sifat kikir kaum Quraisy, Ka’bah pun dipugar menjadi lebih kecil. Oleh karena itu, Hijr Ismail dimasukkan dalam bagian Ka’bah.

Selain itu ada Hajar Aswad, adalah batu hitam di sudut Ka’bah yang diletakan Nabi Ibrahim. Batu beraroma wangi ini diimani sebagai batu yang berasal dari surga. Jamaah umrah dan haji sering berebut untuk menyentuh dan mencium Hajar Aswad. Di sudut Ka’bah yang berkebalikan dengan Hajar Aswad, ada Rukun Yamani yaitu sudut Ka’bah yang menghadap ke negara Yaman yang juga dianggap tempat istimewa.

Pada saat Sa’i, tempat istimewa untuk berdoa adalah Bukit Shafa dan Marwa. Ini bukit bersejarah dimana Siti Hajar mencari air untuk bayinya, Nabi Ismail. Mereka berlari-lari kecil dari Bukit Shafa menuju Bukit Marwa dan sebaliknya. Bukit Shafa dan Bukit Marwa pun menjadi favorit jamaah haji dan umrah untuk berdoa.

2. Kawasan Masjid Nabawi

Masjid Nabawi, artikel umroh, umroh murah, info umroh travel umroh murah surabaya, umroh murah 2018, travel umroh murah

Paket Umroh Murah, Travel Umroh Surabaya, Travel Umroh murah, Artikel Umroh,
Info Umroh, Umroh Murah, Umroh Surabaya, Umroh 2018, Masjid Nabawi

Masjid Nabawi di Madinah adalah masjid terpenting kedua bagi umat Islam setelah Masjidil Haram di Makkah. Kawasan ini pun dianggap mustajab, terutama di Raudhah. Tempat ini aslinya adalah halaman rumah Nabi Muhammad SAW. Para jamaah haji selalu berupaya keras berdesak-desakan agar bisa masuk dan berdoa di tempat ini. Tempat ini sudah dibuka 24 jam, untuk mengurangi kepadatan jamaah. Jamaah perempuan pun punya jadwal tertentu agar tidak bercampur dengan jamaah pria.

3. Arafah saat waktu haji

keindahaan arafah, sejarah arafah, Artikel Umroh, info umroh, Umroh Murah, Umroh Surabaya, Umroh 2018

keindahaan arafah, sejarah arafah,Paket Umroh Murah, Travel Umroh Surabaya, Travel Umroh murah, Artikel Umroh,
Info Umroh, Umroh Murah, Umroh Surabaya, Umroh 2018,

Padang Arafah menjadi inti dari kegiatan haji tapi tidak dengan umrah. Hanya pada saat haji, para jamaah dari seluruh dunia berkumpul untuk melakukan ibadah wukuf dari tengah hari sampai sore hari. Berdoa saat wukuf di Arafah akan dikabulkan oleh Allah.

4. Muzdalifah saat waktu haji

 Keindahan muzdalifah, Tempat berdoa di Mekkah dan Madinah, Artikel Umroh, info umroh, Umroh Murah, Umroh Surabaya, Umroh 2018

Keindahan muzdalifah, Tempat berdoa di Mekkah dan Madinah, Paket Umroh Murah, Travel Umroh Surabaya, Travel Umroh murah, Artikel Umroh,
Info Umroh, Umroh Murah, Umroh Surabaya, Umroh 2018,

Usai dari Arafah, para jamaah haji menuju ke Muzdalifah, yang berada di antara Arafah dan Mina, untuk bermalam di tenda-tenda. Jamaah biasanya mengumpulkan batu kerikil untuk dilemparkan saat Jumroh. Pada malam hari adalah waktu yang cocok untuk berdoa dan diyakini akan dikabulkan Allah.

5. Jamarat saat waktu haji

tata cara jamarat, sejarah jamarat, Artikel Umroh, info umroh, Umroh Murah, Umroh Surabaya, Umroh 2018

Artikel Umroh, Info Umroh, Umroh Murah, Umroh Surabaya, Umroh 2018,
Paket Umroh Murah, Travel Umroh Surabaya, Travel Umroh murah, tata cara jamarat, sejarah jamarat,

Jamarat adalah 3 pilar batu bersejarah yang pasti didatangi jamaah haji. Sedangkan jamaah umroh tidak pergi ke sini. Dalam sejarahnya, Nabi Ibrahim melempar setan dengan batu di ketiga tempat ini ketika menggodanya agar tidak mengurbankan Nabi Ismail. Ada tiga tempat untuk melempar jumroh yaitu Jumrotul Aqoba, Jumratul Wustho, Jumratul Ula. Para jamaah berdoa di sini.

(Baca Juga Terkait : PAKET HEMAT UMROH MURAH SURABAYA 2018  )

Demikianlah Tempat dan Berdoa Yang Tepat Saat Melakukan Ibadah Haji dan Umroh oiya, mengingatkan Masih ada PROMO Paket UMROH MURAH 2018 untuk keberangkatan Umroh Bisnis Murah 2017
Dan apabila Bapak atau Ibu berkenan untuk bersilaturahmi bisa mengunjungi
Head Office :
Wisma Pagesangan Raya No. 89 Surabaya

(Selatan Masjid Agung Surabaya)